STRATEGI WIRAUSAHAWAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA USAHA ES KOLDING DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA

Studi Kasus Lingkungan III Pasar Sibuhuan

Authors

  • Sutan Alamsah Hasibuan STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • H. Junda Harahap STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • Aminah Lubis STAI Barumun Raya Sibuhuan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dua aspek utama, yaitu: (1) Strategi Wirausahawan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Dalam Islam, dan (2) Strategi Wirausahawan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Es Kolding Di Lingkungan III Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Metode penelitian yang diterapkan dalam kajian ini adalah penelitian lapangan, yang merujuk pada suatu pendekatan yang menggambarkan dan menjelaskan fakta-fakta sebagaimana adanya tanpa menambah atau mengurangi, serta bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pendekatan ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Wirausahawan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Dalam Islam seharusnya mengusung nilai-nilai dermawan dan jujur dalam menghadapi persaingan usaha, mengingat bahwa kelancaran dan keuntungan usaha dapat dicapai melalui prinsip-prinsip kebaikan. Agama Islam menganjurkan para wirausahawan untuk menjalankan bisnis dengan integritas dan kebaikan hati. (2) Strategi Wirausahawan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Es Kolding Di Lingkungan III Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga, menunjukkan bahwa dalam konteks ekonomi dan penjualan, relevansi terhadap pendapatan masyarakat menjadi faktor utama. Penjualan produk seperti Es Kolding sangat terkait dengan pendapatan konsumen, dan keberhasilan penjualan tergantung pada sejauh mana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat setempat.

References

Agus. Pemilik Usaha Es Kolding Rajik 88. 15 Juli 2023.

Aziz, Abdul. Etika Bisnis Perpekstif Islam. Bandung: Alfabeta, 2013. h. 76.

Astrid Anindya, D. 2017. Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha Di Desa Delituakecamatan Delitua. Vol. Ii, No.2, 2017: 389 – 412.

Barqi Yahya, A. 2020. Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah Muhamad Saw Sebagai Pedoman Berwirausaha. Volume 5, No. 1, 2020 (91-100).

Burhanuddin, Abdullah Ekonomi Islam Jakarta: PT Grapindo Persada. 2008. h. 98

Buchori, Alma. 2007. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

David W. Craven S. 2008. Strategik Marketing, Tokyo: Richard D. Irwin, Inc. Toppan Company Ltd.

Dewi, S. K. S. 2017. Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Deepublish.

Dhewi, Titis, Shinta. 2014. Strategi Bersaing Untuk Keunggulan Bersaing. Malang : Bayu Media Publishing.

Firmansyah M. A dan Roosmawarni A. 2019. Kewirausahawan (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.

Guiltinann JP, Paul GW & Madden TJ. 1997. Marketing Management: Strategis and Program. New York : McGraw Hill.

Aedy, Hasan. Teori dan Aplikasi Etika Bisnis Islam. Bandung: Alfabeta. 2015. h. 95

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Https:// Kbbi.Web.Id.// Pembelajaran. Kewirausahaan (Diakses Pada Tanggal 23 Mei 2023, Pukul 08.00 Wib)

Lexy, Moleong. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Lincoln, Yvonna S. & Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. California: Sage

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Hasibuan, S. A., Harahap, H. J., & Lubis, A. (2024). STRATEGI WIRAUSAHAWAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA USAHA ES KOLDING DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA: Studi Kasus Lingkungan III Pasar Sibuhuan. Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 36–43. Retrieved from https://ejournal.stai-br.ac.id/index.php/nahdatuliqtishadiyah/article/view/134

Most read articles by the same author(s)