ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA

Studi Kasus pada Toko Mas Rajana Hasibuan di Pasar Sibuhuan

Authors

  • Okviani STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • H.Junda Harahap STAI Barumun Raya Sibuhuan
  • Aminah Lubis STAI Barumun Raya Sibuhuan

Abstract

Strategi bauran pemasaran, atau yang lebih dikenal dengan istilah Marketing Mix, adalah kombinasi dari berbagai variabel atau kegiatan yang menjadi inti dari suatu sistem pemasaran. Dengan kata lain, strategi bauran pemasaran merupakan sekumpulan variabel yang digunakan untuk memengaruhi respon dari konsumen. Prinsip ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan variabel-variabel tersebut, suatu kombinasi dapat terbentuk sehingga menghasilkan hasil maksimal. Menariknya, dasar hukum mengenai strategi bauran pemasaran ternyata dapat ditemukan dalam Al-Quran, khususnya dalam surat An-Nisa ayat 29. Implikasinya, strategi ini tidak hanya bersifat praktis dalam ranah bisnis, tetapi juga memiliki dasar yang kokoh dalam nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran pada Toko Mas Rajana Hasibuan dengan tujuan meningkatkan pendapatan usaha. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai bagaimana strategi bauran pemasaran dapat diterapkan secara efektif. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa Toko Mas Rajana Hasibuan menggunakan konsep 9P (Marketing Mix) dalam upaya meningkatkan pendapatan usahanya. Kesembilan elemen tersebut mencakup produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, bukti fisik, pengemasan, dan pembayaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi bauran pemasaran, terutama dengan pendekatan 9P, dapat menjadi landasan yang kokoh bagi Toko Mas Rajana Hasibuan untuk terus meningkatkan efektivitas bisnisnya. Hasil penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi pihak toko tersebut, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi pihak terkait lainnya dalam upaya meningkatkan pendapatan usaha secara keseluruhan.

References

Arif. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayu Media Publishing

Alma, Bahari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buchari, Alma. 2007. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Bukhari, Alma dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Dhewi, Titis. Shinta. 2014. Strategi Bersaing Untuk Keunggulan Bersaing. Malang: Bayu Media Publishing.

Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Heri, Sudarsono. 2003. Konsep Ekonomi Islam. Yogyakarta: Ekonsia.

Hermawan. 2012. MarkPlus on Strategi 12 Tahun Perjalanan MarkPlus dan Co Membangun Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sunarti. 2020. Pengertian Pendapatan. Jakarta.

Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Okviani, Harahap, H., & Lubis, A. (2024). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA: Studi Kasus pada Toko Mas Rajana Hasibuan di Pasar Sibuhuan. Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 11–20. Retrieved from https://ejournal.stai-br.ac.id/index.php/nahdatuliqtishadiyah/article/view/132