Pengaruh PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN RELIGIUSITAS NASABAH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH

Authors

  • Wahid Ikhsanudin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Imam Sopingi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Kusnul Ciptanila Yuni Kusuma Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Keywords:

digital marketing, Religiusitas, Minat, Pembiayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh digital marketing dan tingkat religiusitas nasabah terhadap minat penggunaan produk pembiayaan di bank syariah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei melalui kuesioner kepada guru dan karyawan Madrasah Muallimin Hasyim Asy'ari Tebuireng sebagai nasabah bank syariah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif terhadap minat penggunaan produk pembiayaan di bank syariah. Sedangkan tingkat religiusitas tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan produk pembiayaan. Temuan ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital dalam konteks perbankan syariah, seiring dengan meningkatnya ketergantungan masyarakat terhadap teknologi. Selain itu, pengaruh religiusitas nasabah menunjukkan bahwa nilai-nilai keagamaan dapat memainkan peran kunci dalam pembentukan minat penggunaan produk pembiayaan syariah. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya pengintegrasian strategi pemasaran digital yang sensitif terhadap nilai-nilai keagamaan dalam upaya meningkatkan minat dan partisipasi nasabah dalam produk pembiayaan di bank syariah.

References

Bosra, Mustari. “Theological Moderation In The Islamic Boarding School (Pesantren): Phenomenological Prophetic Social Study In Pesantren In East Java.” AKADEMIKA 21, no. 1 (2020): 1–9.

Dafiq, Bahru Ilmi, Amalia Nuril Hidayati, and Muhammad Alhada Fuadilah Habib. “Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Digital Marketing, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi z Pada Bank Syariah.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 4, no. 11 (2022): 4971–82. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856.

Harnadi, Dodik, Hotman Siahaan, and Masdar Hilmy. “Pesantren and the Preservation of Traditional Religious Authority in the Digital Age.” Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik 34, no. 3 (2021): 272. https://doi.org/10.20473/mkp.v34i32021.272-280.

Maimun, and Dara Tzahira. “Prinsip Dasar Perbankan Syariah.” Al-Hiwalah: (Sharia Economic Law) 1, no. 1 (2022): 130–33.

Nasution, Muhammad Amsal. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan Email Sebagai Media Promosi Pada Warung Ayam Geprek 3N Sambal Kekinian Sibuhuan.” Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah 2, no. 2 SE-Articles (June 2023): 47–52.

Nisa, Khoirotun, and Imam Sopingi. “‘Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing Dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan.’” JIES: Journal of Islamic Economics Studies No. 1 (2020): 50–59.

Nuraini, Putri, Mufti Hasan Alfani, and Zulfadli Hamzah. “Literation Of Sharia Banking Products For Pondok Pesantren Teachers In Pekanbaru City.” COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting 4, no. 1 (2020): 274–81.

Permani, Risti. “The Presence of Religious Organisations, Religious Attendance and Earnings: Evidence from Indonesia.” Journal of Socio-Economics 40, no. 3 (2020): 247–58. https://doi.org/10.1016/j.socec.2011.01.006.

Putri, and Marlien. “Pengaruh Didital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 5i (2022): 25–36.

Rahmawati, Sulis. “Pengaruh Pengetahuan Dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi.” Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Malang 8, no. 03 (2022): 2875–81.

iadi, Muchlisin. “Content Marketing.” Kajianpustaka.Com., 2022.

Ridwan, Muhammad. “Pengaruh Literasi Perbankan Syariah Dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara Menabung Di Bank Syariah.” Muqaddimah 1, no. 3 (2023).

Sa’adah, Haqiqotus, and Imam Sopingi. “Marketing Mix-7P Dan Religi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Survey Pada PT. Bank BRISyariah KCP Wahid Hasyim Jombang).” MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance 3, no. 1 (2019): 59. https://doi.org/10.21043/malia.v3i1.8089.

Shalihah, Kamilah, and Deden Gandana Madjakusumah. “Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank X Sukabumi.” Jurnal Riset Perbankan Syariah, 2022, 91–96. https://doi.org/10.29313/jrps.v1i2.1565.

Sopingi, Imam. ““Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’’Ulum Al-Din”.” Iqtishoduna 10 No. 2 (2014): 142–48.

Sopingi, Imam, Rohmad Prio Santoso, and Peni Haryanti. “‘Kualitas Produk Dan Harga Produk Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Labelisasi Halal.’” Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) No. 7 (2023): 85–93.

Sudarman, Jejen, and Husriah. “Peran Religiusitas Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Indonesia Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 9, no. 1 (2022): 1–8.

Sudirjo, Frans, Indri Yani, Moch Arif Hernawan, Arief Yanto Rukmana, and Muhammad Amsal Nasution. “Analysis of the Influence of Product Features, Price Perception, Brand and Customer Experience on Repurchase Intention of Smartphone Product.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 SE-Articles (July 2023): 3325–33. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2497.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edited by Sutopo. 2nd ed. bandung: Alfabeta, 2020.

Tuti Anggraini, Ilvia Lanniza,. “Analisis Strategi Pemasaran Kredit Pembiayaan Mitraguna Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Ex Bank Syariah Mandiri KCP Stabat.” Journal Economy and Currency Study (JECS) 3, no. 2 (2021): 37–46. https://doi.org/10.51178/jecs.v3i2.297.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Ikhsanudin, W., Sopingi, I., & Kusuma, K. C. Y. (2024). Pengaruh PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN RELIGIUSITAS NASABAH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH. Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 13–22. Retrieved from https://ejournal.stai-br.ac.id/index.php/nahdatuliqtishadiyah/article/view/125