PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MODERASI BERAGAMA

Authors

  • Nabila Maydina M.A Farotul Jannah Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Rahma Zelika Putri Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nur Kholifah Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dewi Nurul Alfianah Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Tika Prassetia Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

ekonomi syariah, moderasi beragama, ekonomi keadilan

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan potensi ekonomi syariah yang besar. Tujuan pembangunan nasional berorientasi pada terciptanya masyarakat adil dan makmur. Tujuan ini dapat dicapai oleh sistem perbankan yang berlandaskan prinsip syariah. Meski memiliki potensi besar, namun masyarakat Indonesia Indonesia belum memiliki literasi yang cukup tentang perbankan syariah, Moderasi beragama diperlukan dalam proses edukasi masyarakat agar literasi yang dihasilkan memberikan dampak positif. Konsep dan praktek perbankan syariah masih memerlukan pengembangan dan tidak luput dari kekurangan yang menjadikannya tidak sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam, Masyarakat dengan literasi perbankan syariah yang baik akan bersikap secara moderat yakni menerima berbagai kekurangannya dengan tetap berusaha untuk mendorong ke arah yang lebih baik dari kesesuaiannya dengan syariat Islam dan sisi eksistensinya dalam perekonomian.

References

Prayoga, Dwi. (2021). Kesadaran Masyarakat Desa Menggunakan Bank Syariah Mendorong Moderasi Beragama di Indonesia. Kompasiana. Moderasi Beragama di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/dwiprayoga/61959e74c26b774bbc001322/opini-kesadaran-masyarakat-desa-menggunakan-bank-syariah-mendorong-moderasi-beragama-di-indonesia

Hafizd, Jefik Zulfikar. (2022). Pentingnya edukasi ekonomi syariah berbasis moderasi beragama kepada masyarakat bagi terwujudnya keadilan ekonomi di Indonesia. Jurnal studi sosial keagamaan. https://www.syekhnurjati.ac.id/sejati/index.php/sejati/article/download/10

Prasasti, Rizal. (2020). "Pengaruh pengetahuan dan pelayanan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi". UNNES

Gustati, Dian R., dan Reni E. S. (2023). "Literasi keuangan syariah sebagai remoderasi religiusitas dalam mempengaruhi minat menggunakan produk keuangan syariah". Jurnal Politeknik Caltex Riau . Vol. 16, No. 1. ISSN: 2085-0751. Politeknik Negeri Padang. Hal 100-109.

Akmalia, Riska. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banjarmasin A. Yani 1 Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/article/view/5946/2082

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Jannah, N. M. M. F., Putri, R. Z., Kholifah, N., Alfianah, D. N., & Prassetia, T. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MODERASI BERAGAMA. Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 28–33. Retrieved from https://ejournal.stai-br.ac.id/index.php/nahdatuliqtishadiyah/article/view/121