Focus and Scope

FOKUS DAN RUANG LINGKUP

Al-mahyra: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam berfokus pada penyelidikan, analisis, dan pengembangan strategi, metode, serta kurikulum dalam konteks pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam. Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Islam dan mengembangkan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan zaman serta tuntutan kebutuhan masyarakat. Kami mengajak para akademisi, peneliti, dan profesional yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan Pendidikan Islam untuk mempublikasikan hasil riset mereka yang mencakup:

1. Penelitian Kurikulum: Penelitian terhadap kurikulum yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Peneliti berusaha memahami bagaimana memasukkan ajaran agama ke dalam rencana pembelajaran yang efektif.
2. Inovasi Metode Pengajaran: Cara baru dan inovatif untuk mengajar yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam. Melibatkan penggunaan teknologi, pendekatan interaktif, dan metode pengajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep agama dengan lebih baik.
3. Penilaian Pendidikan Islam: Pengembangan alat evaluasi yang sesuai dengan materi pendidikan Islam.
4. Pengembangan Bahan Ajar: Pengembangan materi ajar yang menarik dan relevan dengan prinsip-prinsip Islam meliputi pengembangan buku teks, materi audio-visual, dan bahan ajar interaktif.
5. Pendidikan Inklusif dalam Konteks Islam: Pengembangan pendekatan pendidikan inklusif yang mengakomodasi semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, berdasarkan pada nilai-nilai Islam.
6. Pendidikan Berbasis Teknologi dalam Islam: Eksplorasi penggunaan teknologi dalam pendidikan Islam, termasuk pengembangan platform online, aplikasi pendidikan, dan metode pembelajaran digital lainnya.
7. Pengembangan Profesionalisme Guru: Penelitian dan Pengembangan program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru pendidikan Islam, agar mereka dapat mengajar dengan lebih efektif sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam.
8. Pengembangan Materi Pendidikan Karakter: Pembangkan materi pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam untuk membantu siswa menginternalisasi akhlak mulia.
9. Analisis Kebutuhan Pendidikan Islam: Penelitian dan pengembangan untuk memahami kebutuhan pendidikan masyarakat dan merancang pendekatan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut berdasarkan ajaran Islam.
10. Pendidikan Islami dalam Konteks Multikultural: Eksplorasi metode-metode untuk mengintegrasikan pendidikan Islam dalam lingkungan multikultural, mempromosikan nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keragaman.